KH Jaelani Imam Sebut Mbah Din Seorang Wali

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

KH Jaelani Imam Sebut Mbah Din Seorang Wali

Minggu, 29 April 2018
KH Jaelani Imam tengah memberikan sambutan

Dalam sambutannya atas nama keluarga, KH Jaelani Imam menyatakan bahwa KH Nahduddin Royandi Abbas merupakan seorang waliyullah. Ia melihat tanda-tanda bahwa kiai yang akrab disapa Mbah Din adalah orang yang ikhlas.

“Beliau adalah orang yang mukhlis,” kata Kiai Jelan di hadapan ribuan masyarakat yang memberikan penghormatan terakhir kepada Mbah Din itu.

Kiai yang masih terhitung keponakan almarhum menjelaskan bahwa tidak ada yang tahu ikhlas, kecuali Allah. Nabi pun bertanya kepada Malaikat Jibril as. Karena tidak tahu, Jibril as. bertanya kepada Malaikat Mikail as. Ia pun tak mengetahuinya hingga bertanya langsung kepada Allah perihal makna sesungguhnya ikhlas.

“Ikhlash itu satu rahasia dari rahasia Allah yang Allah titipkan kepada hamba-Nya yang cintai,” jelasnya.

Karena Mbah Din adalah orang yang ikhlas, maka Mbah Din adalah seorang wali Allah. “Mbah Din itu wali Allah sebab ikhlas hanya diberikan kepada kekasih Allah,” tegasnya.

Senada dengan Kiai Jelan, Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Pondok Buntet Pesantren KH Adib Rofiuddin juga mengakui bahwa Mbah Din adalah sosok kiai yang ikhlas.

Selain itu, Kiai Adib mengenang pamannya yang kelahiran tahun 1933 itu sebagai seorang yang berlapang dada. “Tidak pernah mengemukakan emosinya,” kata Kiai Adib.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama H Helmy Faishal Zaini menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan pemulangan almarhum. Mbah Din bagi Helmy merupakan sosok teladan. Dakwahnya di Britania Raya tak terbantahkan. Sepengetahuannya, Mbah Din merupakan pemrakarsa berdirinya masjid-masjid di Inggris.

Syakir NF