Santri Harus Pinter, Bener, dan Angger

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Santri Harus Pinter, Bener, dan Angger

Rabu, 19 Juli 2017

Ratusan Peserta Matsama saat sowan ke Abah KH Hasanuddin Kriyani, Senin (17/7/2017)


Selama tiga hari terhitung sejak hari Sabtu (15/7/2017), para peserta didik baru madrasah di lingkungan Pondok Buntet Pesantren mengikuti rangkaian Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) 2017.

Di hari terakhir, Senin (17/7/2017), para siswa dari berbagai penjuru daerah di Nusantara itu ziarah di makbaroh Gajah Ngambung. Setelah itu, mereka sowan ke kiai-kiai sepuh Buntet Pesantren guna mengalap berkah dan nasihatnya.

KH Hasanuddin Kriyani mengingatkan santri baru itu agar menjadi orang yang pintar sebagai modal untuk pada tahap selanjutnya, yakni benar. Maksudnya, benar dalam mengambil sikap dan menjalani kehidupan. Lebih jauh, kiai yang sejak usia mudanya sudah dipercaya memimpin madrasah Buntet Pesantren itu juga berpesan agar angger. Artinya, dalam bersikap benar berdasarkan keilmuan itu harus senantiasa istiqomah.

“Jadi, harus pinter, bener, lan angger,” ujar kiai yang akrab dipanggil Abah Hasan itu.

Selain sowan pada Abah Hasan, para peserta Matsama juga sowan pada KH Abdul Hamid Anas, KH Adib Rofiuddin Izza, dan KH Amiruddin Abkari.

(Syakirnf)