Penelitian Harvard : Haji Sangat Berdampak Positif

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Penelitian Harvard : Haji Sangat Berdampak Positif

Senin, 12 Mei 2008

Go to fullsize imageOleh: KBIH Buntet Pesantren
Barhaji ternyata sangat bermanfaat bagi umat islam. Hal ini dikemukakan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Harvard`s Kennedy School of Government, Massachusetts, Amerika Serikat, yang dirilis pekan lalu. Dalam penelitian yang memakan waktu cukup lama itu disimpulkan bahwa seorang muslim yang telah menunaikan ibadah haji ia akan lebih terbuka dalam berbagai hal.

Menurut hasil penelitian itu juga dikemukakan bahwa seorang yang telah melaksanakan haji akan meningkatkan kepercayaan dirinya, merasa sejajar dengan siapa pun dan memiliki watak harmoni dengan siapa saja. "Berhaji telah meningkatkan rasa kesetaraan dan harmoni antar mereka dan memberi kemajuan dalam memandang wanita termasuk memberi kesempatan kepada wanita untuk mwenikmati pendidikan dan memasuki lapangan kerja," tulis penelitian yang dikutip The Middle East Online edisi 2 Mei lalu.


Dari penelitian yang bertajuk ‘Estimating the Impact of the Haj: Religion and Tolerance in Islam’s Global Gathering’, itu menyatakan bahwa pengalaman berhaji telah memnumbuhkan sikap damai sesama. "Persaudaraan sesama muslim yang tumbuh setelah haji itu tak melahirkan sikap permusuhan dengan non-muslim. Bahkan haji telah menumbuhkan sikap bersahabat dengan umat agama lainnya."



Penelitian dilakukan lembaga tersebut dengan mengambil sampel 1.600 jemaah haji asal Pakistan tahun 2006 yang mempergunakan cara berhaji melalui pemerintah (ballot hajj) yang sebagian besar dari kalangan menengah. (Musthafa Helmy)