Didesak Mekah Menjadi Kiblat Waktu Dunia

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Didesak Mekah Menjadi Kiblat Waktu Dunia

Sabtu, 26 April 2008

Oleh: KBIH Buntet Pesantren

 

Jakarta (MCH). Kalangan ilmuwan dan ulama berharap agar standar waktu yang selama ini mengacu pada GMT (Greenwich Mean Time) waktu Inggris diubah berstandar pada waktu Mekah. Alasan mereka, Mekah adalah pusat bumi sehingga paling tepat dijadikan ukuran.

Harapan ini dilontarkan pada seminar bertajuk “Mekah, Pusat Bumi, dalam Teori dan Prektek.” Yang diselengarakan di Qatar. Demikian seperti diberitakan BBC yang dikutip Express India edisi Kamis, 24 April, hari ini.

Menurut kalangan ilmuwan dan ulama itu, Mekah bukan hanya tempat semua wajah umat Islam berpaling pada saat salat, tapi, secara geologi juga merupakan pusat bumi yang lebih tepat djadikan standar. Sementara GMT dijadikan standar hanya karena banyaknya negara kala itu yang menjadi jajahan negara adidaya itu.

Hal ini juga ditegaskan Syaikh Yusuf Al-Qaradawy dalam seminar tersebut. Menurut ulama Mesir itu, ilmu moderen telah mengakui dan menyatakan bahwa Mekah merupakan pusat bumi sehingga layak dijadikan arah atau kiblat waktu dunia. (Musthafa Helmy)