Forsila BPC Jakarta Raya Gelar Kajian Qiraat Sab’ah - Buntet Pesantren Forsila BPC Jakarta Raya Gelar Kajian Qiraat Sab’ah - Buntet Pesantren
  • Latest News

    Sunday, November 5, 2017

    Forsila BPC Jakarta Raya Gelar Kajian Qiraat Sab’ah


    Forum Silaturahim Buntet Pesantren Cirebon (Forsila BPC) Jakarta Raya menggelar kajian qiraat sab’ah bersama KH Muhadditsir Rifai di aula Keluarga Mahasiswa Sunan Gunung Djati (KMSGD) Jabodetabek, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (4/11/2017).
    Banyaknya ragam bacaan Al-Quran tersebut sedikitnya membawa implikasi terhadap pandangan mufassir dan fuqoha. Oleh karena itu, dalam kajian tersebut, Forsila mengangkat tema Perbedaan Qiraat Sab’ah serta Pengaruhnya terhadap Penafsiran dan Istinbath Hukum.

    Kang Hadis, begitu KH Muhadditsir Rifai akrab disapa, mencontohkan satu ayat tentang wudu. Imam Syafii mengikuti imam yang membaca lafal arjul pada ayat 6 surat al-Maidah dengan harokat fathah, diatafkan pada lafal wujuh. Hal tersebut berpengaruh pada penetapan hukumnya, bahwa menurut Imam Syafii, membasuh kaki harus dengan disiram.

    Berbeda dengan Imam Hanafi yang memilih mengatafkan kata arjul kepada ruus, sehingga dibaca kasroh karena menempati i’rob jar. Implikasinya, membasuh kaki menurut Imam Hanafi cukup dengan diusap saja.

    Selain perbedaan pada i’robnya, ada pula perbedaan lain, yakni dlomirnya. Hal tersebut sangat memungkinkan karena Mushaf Utsmani yang menjadi rujukan utama bacaan Al-Quran menampung semua bacaan Al-Quran yang beragam itu sehingga mushaf tersebut bisa dibaca dengan beragam versi sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh gurunya masing-masing.


    Hal ini ditanyakan oleh Syakir sebagai moderator pada kesempatan tersebut. Ia menanyakan perihal bacaan Imam Hafsh yang membaca dengan dlomir mutakallim maal ghair (nahnu), yakni naghfir pada ayat 58 surat al-Baqarah, sementara itu Imam Warsy membacanya dengan dlomir ghaib lil mudzakkar. Hal tersebut, menurutnya, berimplikasi pada persoalan jender.

    Syakirnf
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Forsila BPC Jakarta Raya Gelar Kajian Qiraat Sab’ah Rating: 5 Reviewed By: Tim Redaksi Web Buntet Pesantren
    Scroll to Top