• Latest News

    Sunday, August 14, 2016

    Anggota Pramuka Buntet Pesantren Adakan Apel Hari Pramuka ke-55

    Ahad (14/8), beberapa saat selepas pulang sekolah, beberapa anggota Praja Muda Karana (Pramuka) dari MI NU Putri, MTs NU Putra 1, MTs NU Putra 1, MA NU Putra, MA NU Putri, dan SMK NU Mekanika Buntet Pesantren melaksanakan Apel Peringatan Hari Pramuka yang ke 55.

    Wah rapih banget yah barisan dari Kakak-kakak pramuka ini
    Khamaluddin dan A. Nurdin dari MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren bertugas sebagai pembaca Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Tri satya adalah tiga janji  atau tiga kesetiaan yang harus dipenuhi oleh setiap anggota Pramuka yang isinya adalah “Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh: Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, dan menepati dasa darma. Adapun dasa darma adalah sepuluh kebajikan yang menjadi pedoman bagi anggota pramuka dalam bertingkah laku sehari-hari sehingga mampu mewujud “Pramuka Itu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah, rajin terampil dan gembira, hemat cermat dan bersahaja, disiplin berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.


    Apel yang dipimpin oleh Adi Wijaya dari MA NU Putra Buntet Pesantren ini berlangsung lancar dan khidmat. Para peserta nampak tertib dan menghayatinya, apalagi suasana terasa teduh meskipun upacara dilangsungkan pada tengah hari.

    Kalau ini sih lebih pantes adik-adik pramuka.hehe
    ini kakak-kakak prramuka dari MI NU Putri dan sebagian dari
    MTs NU Putri 3 dan MA NU Putri
    Apel yang diadakan di Halaman Masjid Jami Buntet Pesantren ini tidak hanya diikuti oleh siswa-siswi anggota pramuka, tetapi juga para kakak-kakak pembina dan para kepala Madrasah termasuk Bapak H. Ubaidillah, S. Pd. I, M. M. Pd yang menjadi pembina acara. Dalam amanatnya, Kepala MTs NU Putra 1 yang akrab disapa Pa Ubed ini menekankan pentingnya menjalankan tri satya, apalagi menurut Pa Ubed dalam running text di Televisi yang baru dilihatnya beberapa saat sebelum upacara juga tertera bahwa bapak Presiden Jokowi juga menganjurkan agar tri satya dijalankan oleh semua pihak sehingga sekarang Pramuka menjadi gerakan yang wajib diselenggarakan di sekolah-sekolah. Oleh karena itu, maka para anggota pramuka lah yang diharapkan menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya, ujar Pa Ubed mengakhiri amanatnya.
    Pa Ubed ketika memimpin doa

    Apel kemudian ditutup dengan doa yang langsung dipimpin oleh pembina upacara, semoga kita semua diberi kekuatan dalam mennjalankan tri satya dan dasa dharma serta dilanjutkan dengan tepuk pramuka yang dijalankan secara serempak oleh seluruh peserta Apel.


    Jayalah Indonesiaku, satyaku ku darmakan, darmaku ku baktikan, salam pramuka!”
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 comments:

    1. mantap Generasi Pramukas Santri Nusantara
      Salam Pramuka!

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Anggota Pramuka Buntet Pesantren Adakan Apel Hari Pramuka ke-55 Rating: 5 Reviewed By: AriezQ ALq
    Scroll to Top