• Latest News

    Wednesday, April 2, 2014

    Pengobatan Gratis dan Halaqoh Perpajakan Awali Rangkaian Acara Haul Buntet Pesantren 2014

    Para Pemateri dan Moderator
    Di hari selasa, hari pertama di bulan April 2014, Panitia Haul Almarhamin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren Cirebon telah memulai rangkaian acara dalam rangka Haul Buntet Pesantren tahun 2014. Acara yang pertama digelar adalah Pengobatan Gratis dan Donor Darah yang diadakan Akademi Keperawatan (AKPER) Buntet Pesantren pada pagi hari, kemudian siang harinya diadakan Halaqoh perpajakan di Gedung YLPI Buntet Pesantren.

    Acara pengobatan gratis dan donor darah selain bekerjasama dengan AKPER Buntet Pesantren juga turut menggandeng Palang Merah Indonesia, acara ini ditujukan untuk warga pondok Buntet Pesantren termasuk para santri dan juga warga sekitar pondok Buntet Pesantren.

    Pada acara Halaqoh, Panitia menghadirkan Bapak Arif Setyadi Widihartom SE. Ak yang tak lain merupakan pejabat perpajakan sebagai pembicara, beliau mensosialisasikan tentang pajak yang berlaku di Indonesia, baik ketentuan-ketentuan, peruntukan, dan banyak hal yang terkait dengan perpajakan.

    Para Peserta Halaqoh
    Pajak memang hal yang vital dan menyangkut kepentingan hajat orang banyak, karena itu pajak menjadi fokus para ulama saat Munas Alim Ulama dan Konbes Nahdlatul Ulama tahun 2013 bahkan menurut HM. Sulton Fathoni, Wakil Sekjen PBNU : optimalisasi pendapatan negara melalui pajak akan menjadi fokus pembahasan pada Munas Alim Ulama dan Konbes NU tahun 2014 sehingga pada acara halaqoh yang diikuti oleh para santri dan para guru ini, panitia juga menghadirkan KH. Tubagus Rifqi Chowas yang memaparkan pajak dalam perspektif fiqih/syari’at islam. Beliau menyampaikan bahwa pada dasarnya tidak ada ketentuan secara eksplisit dalam syari’at islam yang membolehkan atau mengharamkan pajak, namun menyikapi pemerintah Indonesia yang memberlakukan pajak di Indonesia, beliau menyebutkan beberapa ulama yang membolehkan negara memungut pajak serta mengulas alasan-alasan (hujjah-hujjah) utama tersebut membolehkan pajak.
    Pemateri, Moderator, dan Panitia Harian Haul


    Acara yang menjadi pembuka dari  rangkaian acara lainnya yang diadakan dalam rangka Haul Almarhumin sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren ini akan diikuti acara-acara lain, yaitu : Itsbat Nikah Massal dan Bahtsul Masail Diniyah yang insya Allah diadakan pada Kamis pagi dan Kamis Malam (Malam Jum’at), Khitanan Massal dan Pagelaran Kesenian Rakyat  yang akan diadakan pada Jum’at pagi, dan pada hari sabtu akan diadakan Sema’an Al Qur’an selepas subuh, kemudian Bedah Buku “Perlawanan dari Tanah Pengasingan” dan “Laskar Ulama Santri dan Revolusi Jihad” yang akan diadakan pada jam 09.00 WIB, lalu selepas ashar akan diadakan Ziarah Qubur dan Tahlil Umum, dan puncaknya akan diadakan Pengajian Umum yang dimulai pukul 20.00 WIB dengan mendatangkan penceramah KH. Yahya Cholil Stauquf (Rembang, Jawa Tengah).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengobatan Gratis dan Halaqoh Perpajakan Awali Rangkaian Acara Haul Buntet Pesantren 2014 Rating: 5 Reviewed By: AriezQ ALq
    Scroll to Top