• Latest News

    Sunday, January 6, 2013

    Haul : Ideologi Warga Pondok Buntet Pesantren


    Haul memang sebuah rutinitas “biasa”, ibarat Sholat, haul adalah sesuatu yang akan kembali datang dan akan kembali kita jalankan. Serupa dengan sholat, meskipun menjadi terkesan biasa karena kembali berulang setiap waktunya namun haul menjadi sebuah rutinitas karena memiliki nilai ideologis atau nilai aqidah yang perlu kita jaga dengan terus menjalankannya setiap waktunya. Ketika sekarang bermunculan kelompok-kelompok yang begitu gencar mempropagandakan bahwa haul adalah sebuah hal yang tidak syar’i dan mengada-ada, ketika itulah kita akan terus menjadi bagian sebagai penjaga ideologi kita ini. Inilah sebagian hal yang disampaikan oleh KH. Wawan Arwani Amin, MA dalam sambutannya pada Rapat Perdana Panitia Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren tahun 2013, Sabtu malam, 5 Januari 2014.
    KH. Wawan juga memaparkan bahwa tradisi haul tidak hanya ada di Indonesia namun di Negara-negara lain seperti di Mesir juga rutin menjalankan Haul Imam Syafi’i RA. Lebih lanjut, KH. Wawan menyampaikan bahwa Haul adalah bentuk hidmah dan ta’zim kita kepada orang tua dan guru-guru kita yang begitu berjasa kepada Buntet Pesantren. Selain itu Haul juga sebagai sarana bagi kita untuk mengundu karomah dari para Sesepuh Buntet Pesantren. Beliau juga berpesan kepada para panitia agar jangan pernah merasa telah berjasa kepada Buntet Pesantren, karena para Sesepuh kita telah melakukan banyak hal yang jauh lebih berperan dalam mengembangkan Pondok Buntet Pesantren. Pada kesempatan itu juga, KH. Wawan menyampaikan beberapa pengalamannya selama Beliau terlibat di Kepanitiaan Haul, yang ternyata pengalaman-pengalaman tersebut masih cukup relevan untuk menjadi pelajaran bagi panitia Haul tahun ini.
    Rapat yang diadakan diadakan di Gedung Guest House Pondok Buntet Pesantren ini dibuka oleh KH. Wawan Arwani Amin yang sekaligus mengukuhkan susunan kepanitiaan Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren tahun 2013. Kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh KH. Aris Ni’matullah.
    Sharing dan koordinasi awal panitia menjadi agenda penutup dari rapat tersebut, selain itu juga disepakati minggu depan untuk koordinasi/rapat selanjutnya.
    Pada akhirnya, semua yang hadir, pulang ke rumah masing-masing dengan komitmen yang sama; memberikan yang terbaik untuk Buntet Pesantren melalui ajang Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren tahun 2013 karena Haul bukan hanya sebuah rutinitas biasa tetapi juga sebagai ideologi kita, warga Pondok Buntet Pesantren.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Haul : Ideologi Warga Pondok Buntet Pesantren Rating: 5 Reviewed By: AriezQ ALq
    Scroll to Top